Bahasa PHP

|| || || Leave a komentar
Bahasa PHP, pengertian, definisi, bagaimana mempelajarinya, sulitkah dipalajari dan software apa yang diperlukan?
Dalam artikel sebelumnya tentang bahasa pemrograman, kita sudah memahami apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman. Bahasa PHP sebagai salah satu bahasa pemrograman tentu saja memiliki karakteristik yang sama dengan bahasa pemrograman lain seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.
Namun sebelum membahas hal tersebut lebih jauh, mari kita lihat pengertian bahasa PHP itu sendiri terlebih dahulu.
Berikut definisi bahasa PHP dari wikipedia.
PHP is a general-purpose server-side scripting language originally designed for web development to produce dynamic web pages.
Sedangkan weboped, menuliskan definisi bahasa PHP sebagai berikut:
Self-referentially short for PHP: Hypertext Preprocessor, an open source, server-side, HTML embedded scripting language used to create dynamic Web pages.
Kalau kita gabungkan kedua pengeritan di atas, maka bisa kita dapatkan pengertian sebagai berikut.
PHP merupakan kependekan dari PHP:Hypertext Preprocessor. PHP merupakan bahasa pemrograman server side, artinya dia bekerja di sisi server (hal ini berbeda dengan katakanlah Javascript yang bekerja di sisi client) yang open source yang digunakan untuk membuat halaman web dinamis.
Bahasa PHP seperti definisi yang telah kita bahas sebelumnya pasti terkait dengan bahasa, instruksi dan komputer. Seperti apa contohnya? mari kita lihat bersama sebuah contoh lain agar meningkatkan pemahaman kamu.

Anda sedang tertarik untuk belajar PHP dan ingin mengakses koncomudo.blogspot.com untuk belajar.Anda tidak mengerti bahasa komputer, jadi Anda  tidak bisa ngomong langsung dengan server koncomudo.blogspot.com yang memiliki 2 server yaitu Apache web server dan MySQL database server. Dalam hal ini, Anda tidak mengerti bahasa PHP dan bahasa Query MySQL.
Untuk menjembatani pembicaraan antara Anda dengan server konco mudo, konco mudo menulis program dalam bahasa HTML dan bahasa PHP. Program ini tugasnya adalah menerjemahkan bahasa manusia Anda menjadi bahasa yang dikenali server.
Kejadiannya akan menjadi seperti ini. Anda bisa menyampaikan keinginannya untuk mengakses isi konco mudo dalam bahasa yang dia mengerti yaitu dengan cara menuliskan alamat http://koncomudo.blogspot.com di Firefox. Instruksi ini akan dikirimkan melalui internet ke server koncomudo.blogspot.com.
Setelah sampai di server konco mudo, program yang dibuatkonco mudo  dalam bahasa PHP akan menerjemahkan keinginan Anda tersebut ke dalam bahasa komputer. Misalnya dengan mengubahnya menjadi query MySQL seperti SELECT yang dipahami oleh MySQL database server.
Program dalam bahasa PHP inilah yang akan mengambilkan isi database konco mudo sesuai instruksi Anda dan mengirimkannya kembali pada Firefox Anda melalui Internet.

Mudah-mudahan cukup memberikan gambaran dan perspektif baru buat kamu.
Nah berikutnya, apakah sulit untuk mempelajari bahasa PHP? Kita akan lihat bersama di artikel berikutnya.

sumber : http://prothelon.com/belajar/artikel/bahasa-php
/[ 0 komentar Untuk Artikel Bahasa PHP]\

Posting Komentar